10 Makanan Terbaik Untuk Mata

Posted by Unknown Posted on 07.35 with 1 comment
Makanan Terbaik Untuk Mata 


Makanan berikut ini tidak hanya membantu mata terlihat cerah, namun terbukti mampu mencegah berbagai penyakit seperti degenerasi makular,katarak, dan penyakit mata lainnya.
berikut 10 Makanan Terbaik Untuk Mata ::)


1.Telur

Telur mengandung sumber nutrisi yang baik untuk mata seperti vitamin A, zinc, lutein, B12, vitamin D, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam putih telur merupakan antioksidan terbaik untuk mencegah degenerasi makular dan katarak.(Makanan Terbaik Untuk Mata)


2.Bayam

Sama halnya seperti telur, bayam juga banyak mengandung lutein dan zeaxanthin. Selain itu kandungan vitamin C-nya juga mampu mencegah glaukoma.(Makanan Terbaik Untuk Mata)


3.Bawang putih

Bawang putih mengandung selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione yang berfungsi melindungi lensa mata terhadap radikal bebas seperti sinar UV. Bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah sehingga memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh.(Makanan Terbaik Untuk Mata)


4.Salmon

Ikan yang satu ini mengandung lebih banyak omega-3 dibanding jenis ikan dan makanan laut lainnya. Studi menunjukan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 akan terhindar dari gangguan mata kering. (Makanan Terbaik Untuk Mata)


5.Biji bunga matahari

Kandungan selenium, vitamin E, dan zinc-nya mampu mencegah penyakit katarak dan degenerasi makular yang disebabkan oleh penuaan. Ia juga mengandung vitamin B2 untuk mengatasi penyakit photophobia (sensitivitas mata terhadap cahaya). 
  


6.Wortel

Semua tentu tahu wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena kaya akan beta-karoten. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk mata. Wortel juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.


7.Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lutein paling banyak dari buah lainnya. Lutein penting untuk mencegah degenerasi makular dan katarak. Alpukat berperan pula sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten untuk membentuk vitamin A sehingga mampu diserap tubuh dengan baik.


8.Tomat

Tomat baik untuk kesehatan kulit, namun juga punya banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.(Makanan Terbaik Untuk Mata)


9.Kol

Sayuran yang satu ini baik untuk merawat mata karena kandungan nutrisinya sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang melindungi mata terhadap pancaran sinar ultraviolet. Tak hanya itu, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak hingga 22%.(Makanan Terbaik Untuk Mata)


10.Cokelat Hitam
Cokelat hitam atau dark chocolate ternyata dapat meningkatkan ketajaman penglihatan. Ia mengandung flavonoid yang melindungi pembuluh darah mata sehingga secara otomatis memperkuat kornea dan retina. Jadi bagi Anda yang tidak menyukai wortel, mengkonsumsi dark chocolate murni bisa menjadi pilihan.

Sekian Artikel Tentang 10 Makanan Terbaik Untuk Mata
Semoga Bermanfaat . . . :-d
Sumber :Klik disini

Gaya Hidup Sehat Itu Penting

Posted by Unknown Posted on 09.32 with No comments

Gaya hidup sehat

image credit: gettyimages.com
Kalian tentunya sudah sering mendengar berbagai tips investasi keuangan untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik. Namun di tengah kesibukan kita saat ini, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat adalah investasi masa depan yang sangat terpenting, karena dengan tubuh yang sehat kita bisa bebas berkarya dan beraktivitas.( Benar Bukan ) ( gaya hidup sehat itu Penting)
Langsung saja Berikut kami bagikan beberapa tips penting berkaitan dengan gaya hidup sehat:
 :>)

  • Berolahraga rutin selama 30–60 menit, sebanyak 3-4 kali seminggu amat bermanfaat bagi kebugaran fisik, terutama kesehatan jantung. Menurut penelitian, olahraga rutin dapat mengurangi risiko serangan kanker payudara hingga 30–50%. Agar tidak lekas bosan, pilih jenis olahraga yang disukai dan lakukan bersama dengan teman-teman atau pasangan.

  • Makan buah dan sayuran, setidaknya 5 porsi sehari, amat berguna bagi kesehatan jantung, kecantikan kulit, melawan obesitas, serta mencegah kanker. Agar manfaatnya optimal, pilih sayur dan buah beraneka warna yang memiliki kandungan vitamin berbeda-beda. Serat dan antioksidan di dalamnya juga ampuh menangkal radikal bebas, menyehatkan pencernaan, dan bonusnya membuat awet muda!( gaya hidup sehat )

  • Asupan asam lemak omega-3 amat baik untuk kesehatan otak, mata, dan jantung, terutama bagi ibu hamil. Sumber asam lemak omega-3 terbaik adalah jenis ikan yang berlemak sehat, seperti salmon atau tuna. Kedua jenis ikan ini mengandung dua zat penting asam lemak omega-3, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) dandocosahexaenoic acid (DHA).
  • Pilih yang organik. Sedapat mungkin, pilihlah bahan pangan organik yang bebas dari pestisida yang membahayakan kesehatan. Batasi pula konsumsi junk-food yang miskin serat, kaya kandungan lemak jahat, serta banyak mengandung garam dan bahan pengawet.(gaya hidup sehat)

  • Tidur cukup. Menurut National Sleep Foundation di Amerika, kurang tidur bisa melemahkan imunitas tubuh, menurunkan kemampuan berpikir, serta meningkatkan risiko obesitas. Karena itu, penuhi kebutuhan tidur sebanyak 7-8 jam per hari. Biasakan tidur dalam ruangan redup ataupun gelap, agar hormon tubuh bisa bekerja lebih baik dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.(gaya hidup sehat)
  •  
  • Manajemen stres. Stres bisa mengancam kesehatan, baik dari segi fisik ataupun mental. Karena itu, biar pekerjaan menumpuk, sisihkan waktu untuk relaksasi, berlibur, atau melakukan meditasi. Rahasianya terletak pada kemampuan memanfaatkan waktu secara efektif serta memelihara pikiran positif.

  • Cukup asupan cairan. Bagai air hujan yang membasuh debu dari dedaunan, mencukupi jumlah asupan cairan bisa membantu tubuh kita menyingkirkan endapan racun, menstabilkan suhu tubuh, serta memelihara cadangan energi dan fungsi otak.(gaya hidup sehat)

  • Suplemen. Asupan suplemen tidak mutlak diperlukan, asalkan kalian bisa mencukupi kebutuhan gizi dari makanan sehari-hari. Sayangnya, kesibukan yang padat sering membuat kita lalai memperhatikan kualitas makanan. Solusinya, urban mama bisa mencukupi asupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi suplemen. Konsultasikan pada dokter mengenai jenis suplemen yang tepat.(gaya hidup sehat itu penting)
Sekian dari saya, Semoga Artikel Gaya Hidup Sehat Itu Penting Bermanfaat.:d
Sumber : Gaya Hidup Sehat Investasi Masa Depan

10 Gunung Tertinggi di dunia

Posted by Unknown Posted on 11.01 with 1 comment
           2. Gunung K2 (chogori) 
Haiii . . .  :) 
Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya.Tetapi biasanya membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.
Banyak sekali terhampar gunung di muka bumi di belahan manapun,Tetapi yang unik ada beberapa gunung yang tinggi bahkan sangat tinggi hingga di sebut atapnya dunia hingga mengundang para Pendaki dari seluruh penjuru dunia untuk berlomba-lomba mendaki Mereka agar meraih gelar ‘Penakluk puncak-puncak tertinggi di dunia’ yang sangat prestisius.Dan di sini 10 gunung tertinggi di dunia,tetapi yang unik 10 gunung tertinggi di dunia berada di pegunungan Himalaya.


1. Gunung Everest 
     Tinggi :8850 m 
      Lokasi :Cina(Tibet)-Nepal 
Terdapat beberapa variasi dari segi ukuran (Pemerintah Nepal - Cina belum mengesahkan ukurannya secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS).Gunung Himalaya masih akan terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.(
10 gunung tertinggi di dunia)
 2. Gunung K2 (chogori)
     Lokasi :Pakistan - Cina(Tibet)
    Tinggi : 8.611m

2. Gunung K2 (chogori)
K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. di juluki juga "pegunungan kejam" karena kesulitannya untuk didaki,daripada Gunung Everest.itu di sebabkan cuacanya yang buruk. Pada tahun 2004,hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya.(10 gunung tertinggi di dunia)
 3. Kangchenjunga 
     Lokasi : Nepal - India
     Tinggi : 8586 m

Kangchenjunga        Lokasi : Nepal - India        Tinggi : 8586 m
adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia. Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal.Kangchenjunga mengandung arti "Lima Harta Karun Salju, karena terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas , perak , permata, biji-bijian dan kitab suci . Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah,dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund yang melindungi satwa Panda Merah , burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi berada dalam Taman Nasional Khangchendzonga.

4. Gunung Lhotse
    Tinggi : 8.516 m
    Lokasi : Nepal - Cina(Tibet)

Gunung Lhotse       Tinggi : 7.516 m       Lokasi : Nepal - Cina(Tibet)
Gunung yang memiliki ketinggian (27.940 kaki) ini merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.
 
5. Gunung Makalu
    Tinggi : 8,463 m
    Lokasi : Nepal - Cina(Tibet)

Gunung Makalu        Tinggi :        Lokasi : Nepal - Cina(Tibet)
Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia. Gunung ini memiliki bentuk yang unik yaitu berupa piramida empat sisi dan terletak hanya 19 km tenggara Gunung Everest.

 6. Gunung Cho Oyu
     Tinggi : 8.201 m
     Likasi : Nepal - Cina(Tibet)

Gunung Cho Oyu        Tinggi : 8.201 m        Likasi : Nepal - Cina(Tibet)
Cho Oyu adalah merupakan gunung keenam tertinggi didunia. Lokasinya tidak terlalu jauh dari arah barat Everest dan Lotse, di wilayah Khumbu yang merupakan bagian Timur Nepal dan sepanjang perbatasan Tibet. Puncaknya berdiri megah bersama dengan Everest dan gunung-gunung disekitarnya. Ini menjadi landmark yang sangat dikenal oleh para pendaki yang yang mendaki Everest dari sebelah dinding utara.Disebelah barat dari Cho Oyu, terdapat Nangpa La, merupakan glacier dengan tinggi 19.000 kaki, yang merupakan rute perdagangan barter antara Khumbu Sherpa dan Tibet.

 7. Gunung Dhaulagiri
     Tinggi : 8.167 m
     Lokasi : Nepal

Gunung Dhaulagiri        Tinggi : 8.167 m        Lokasi : Nepal
 Dhaulagiri adalah gunung tertinggi ketujuh di dunia. Membentuk timur jangkar dari Himal Dhaulagiri, sebuah subrange dari Himalaya di Zona Dhawalagiri Nepal utara. Itu terletak di barat laut Pokhara, sebuah kota regional yang penting dan pusat wisata.

  8. Gunung Manaslu 
      Tinggi : 8.163 m
      Lokasi : Nepal

Gunung Manaslu         Tinggi : 8.163 m         Lokasi :
Nepal Manaslu adalah gunung tertinggi ke-8 di dunia, terletak di Mansiri Himal, bagian dari pegunungan Himalaya, Nepal. Kata Manaslu berasal dari kata bahasa Sanskerta , Manasa dan diterjemahkan sebagai "Gunung Jiwa". Manaslu adalah puncak tertinggi di Gurkha dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur Annapurna, gunung tertinggi ke-10.

 9. Gunung Nanga Parbat
     Tinggi : 8.126 m
     Lokasi :Pakistan

Gunung Nanga Parbat        Tinggi : 8.126 m        Lokasi :Pakistan
Nanga Parbat merupakan sebuah gunung kebanggaan Pakistan. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Merupakan gunung terbesar kesembilan di dunia. Dalam tingkat kesulitan, medan gunung Nanga Parbat disebut sama beratnya dengan K2. Sulitnya medan pada gunung ini membuat ia mendapat julukan “The Man Eater”. (10 Gunung Tertinggi di dunia)

10. Gunung Annapurna
      Tinggi : 8.091m
      Lokasi : Nepal

Gunung Annapurna        Tinggi : 8.091m         Lokasi : Nepal 
Gunung Annapurna, gunung tinggi yang masuk dalam jajaran pegunungan Himalaya di Nepal ini memiliki beberapa puncak. Dengan puncak utamanya setinggi 8.091 mdpl. Selain itu, gunung Annapurna juga mempunyai beberapa nama, antara lain Annporna dan Morshiadi.

Itulah 10 gunung tertinggi di dunia yang semuanya berasal dari pegunungan Himalaya.dan masih ada empat gunung lagi yang dengan ketinggian di atas 8000 m,dan semuanya masih dari Himalaya. yaitu :
:p

11. Gasherbrum I,   pegunungan Karakoram, Pakistan/Cina, 26,470 ft / 8,068 m.
12. Puncak Broad,   pegunungan Karakoram, Pakistan/Cina, 26,400 ft / 8,047 m.
13. Gasherbrum II , pegunungan Karakoram, Pakistan/Cina, 26,360 ft / 8,035 m.
14. Shishapangma-Gosainthan,pegunungan Himalaya,Tibet, 26,289 ft / 8,013 m.

sumber :  en.wikipedia.org

Pemandangan Bawah Laut yang Indah

Posted by Unknown Posted on 19.18 with 1 comment
Haiii . . .:d=))  
Manfaat laut sangatlah banyak bagi kehidupan manusia. Dengan diciptakannya laut oleh Allah Yang Maha Pencipta, manusia bisa mengambil manfaat dari sumber daya alam yang ada di dalamnya. Diantara sumber daya alam laut yang paling banyak diambil untuk dimanfaatkan bagi keberlangsungan hidup manusia adalah ikan dengan segala macam jenisnya...(h) 
Dan juga Pemandangan bawah lautnya sungguh membuat saya Terkesan x-) Sampai Jatuh Cinta hehee . . . :-d
Yaudah langsung aja Lihat nih Foto Pemandangan Bawah Laut yang Indah (pastinya Ciptaan Allah):)



Foto Pemandangan Bawah Laut Indah

Foto Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia 2013


Foto Pemandangan Bawah Laut Terindah 2013

Foto Pemandangan Bawah Laut Terindah 2013


Gambar Pemandangan Bawah Laut Terindah 2013

Gambar Pemandangan Bawah Laut Terindah 2013


Gambar Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia 2013

Gambar Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia 2013


Foto Pemandangan Bawah Laut

Foto Pemandangan Bawah Laut


Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia

Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia

Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia 2013
Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia 2013

Pemandangan Bawah Laut
Pemandangan Bawah Laut Indah

Pemandangan Bawah Laut 2013
Pemandangan Bawah Laut 2013




yaaa . . . udah lihatkan Pemandangan Bawah Laut Yang Indah.
Smoga Bermanfaat . . .
Sekian (o)
Sumber Gambar/Foto :Pemandangan Bawah Laut Terindah





10 Pemain Bola Dunia Keturunan Indonesia

Posted by Unknown Posted on 16.08 with 1 comment
daftar 10 pemain bola Dunia keturunan Indonesia terbaik di Eropa yang bermain bersama klub-klub besar. Pemain-pemain keturunan ini tidak hanya hebat di kancah liga domestik, namun juga berprestasi di kancah internasional, bahkan dunia. Kebanyakan dari pemain ini berkewarganegaraan Belanda dan memiliki keturunan Indonesia dari kakek, nenek, atau orang tua mereka yang tinggal di Maluku. hehee
Sebagai orang Indonesia, tentu saja kita boleh bangga melihat berbagai prestasi para pemain ini(pastinya). Tentu saja kita berharap kelak pemain-pemain asli Indonesia bisa mengharumkan nama bangsa di bidang persepakbolaan. Langsung saja, berikut daftarnya, seperti dikutip dari bagusseven.blogspot.com

 10. Michael Timisela
  Michael Timisela Pemain bola keturunan indonesia
Bek kanan keturunan Maluku ini sudah malang melintang di liga Belanda bersama Ajax dan VVV Venlo. Selama kurang lebih 5 tahun bermain di Venlo, Michael Timisela menyumbangkan 2 gol dari 111 kali penampilan, suatu catatan rekor yang tidak buruk untuk seorang bek kanan. Gaya bermainnya yang lugas dan cenderung lebih bertahan daripada menyerang membuat Michael menjadi sosok vital untuk VVV.

Di awal tahun 2013 ini, Timisela ditransfer oleh salah satu klub divisi utama Swedia, Hammarby. Timisela memutuskan untuk hijrah ke Swedia setelah sempat diisukan akan pindah dan bermain di Liga Indonesia. Rupanya, pemain berusia 27 ini masih lebih betah bermain di Eropa.

 9. Nigel de Jong
  Pemain bola dunia keturunan indonesia
Siapa yang tidak kenal dengan gelandang tengah yang membawa Belanda menjadi finalis Piala Dunia sekaligus membawa Manchester City menjadi juara Liga Inggris? Ya, Nigel de Jong yang kini bermain di AC Milan bisa disebut sebagai salah satu pemain keturunan Indonesia paling sukses di Eropa. Karirnya melejit sejak membela Ajax, dan hingga kini masih dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Sebagai gelandang, de Jong bukanlah seorang pemain fantasista yang bisa menampilkan umpan-umpan cantik seperti Pirlo atau Xavi. Ia memiliki peran sebagai “pekerja kotor”, di mana ia harus menghentikan laju bola dan melakukan berbagai tackling keras.

 8. Mark van Bommel
  Pemain bola dunia keturunan indonesia
Mark van Bommel adalah salah satu pemain berdarah Indonesia yang berhasil menuai sukses di 4 klub besar Eropa: PSV, Bayern Munich, Barcelona, dan AC Milan. Dikenal sebagai gelandang bertahan yang memiliki tendangan geledek, van Bommel kerap memberikan kejutan dengan gol-golnya di saat krusial. Sepanjang karirnya, ia berhasil mencetak 78 gol dari 535 kali penampilan. Suatu catatan yang terbilang bagus.
Pemain yang baru saja pensiun di tahun 2013 ini juga sangat disegani di timnasional Belanda. Ia dua kali terpilih sebagai pemain bola terbaik di Belanda pada tahun 2002 dan 2005. Sejak bergabung bersama PSV, van Bommel juga selalu berhasil membawa klub-klubnya menjuarai liga, setidaknya satu kali selama ia bergabung.(
10 pemain bola Dunia keturunan Indonesia)


 7. Michael Mols
  Pemain bola dunia keturunan indonesia
Michael Mols adalah mantan striker tim nasional Belanda yang pensiun pada tahun 2009. Darah Indonesianya berasal dari keturunannya yang lahir di Maluku. Sebagai seorang striker, Mols berhasil menyarangkan 139 gol dari 455 penampilan. Sepanjang karirnya, Mols membela 6 klub liga Belanda yang berbeda, namun prestasi terbaiknya justru ditorehkan selama membela Glasgow Rangers di liga Skotlandia selama 5 tahun.
Mols sempat 6 kali membela tim nasional senior Belanda pada periode 1995-1999. Pada masa itu ia mampu mencuri perhatian pelatih karena gol-golnya bersama FC Utrecht.


 6. Demy de Zeeuw
  Pemain bola dunia keturunan indonesia
Saat ini Demy de Zeeuw bermain bersama FC Anderlecht di liga Belgia dengan status pinjaman dari Spartak Moscow sejak tahun 2011. Justru bersama Anderlecht ini de Zeeuw berhasil menemukan irama terbaiknya dan mulai dipanggil lagi untuk memperkuat timnas senior Belanda. Ia sebelumnya masuk dalam skuat Belanda dalam Euro 2008 dan Piala Dunia 2010, namun tidak dipanggil saat Euro 2012.
De Zeeuw dua kali mengangkat trofi liga Belanda bersama Ajax dan AZ Alkmaar. Ia juga membantu Anderlecht memenangi liga Belgia pada tahun 2013. Sayang, cedera yang berkepanjangan membuat permainan de Zeeuw menjadi tidak konsisten. Semoga saja ia bisa kembali bangkit dan menunjukkan permainan terbaiknya.



 5. Denny Landzaat
  Pemain bola dunia keturunan indonesia
Pemain ini memiliki darah Maluku dari ibunya. Denny Landzaat yang juga baru saja gantung sepatu di tahun 2013 ini mungkin menjadi salah satu pemain keturunan Indonesia yang memiliki segudang pengalaman bermain di liga Belanda. Posisinya sebagai gelandang jangkar membuatnya memiliki karakter permainan yang hampir sama dengan Nigel de Jong dan Mark van Bommel.

Sebagai gelandang bertahan, Landzaat terbilang cukup sering mencetak gol. Sepanjang karirnya, ia berhasil menorehkan 81 gol dari 462 kali penampilan. Di level tim nasional, Landzaat bermain 38 kali dan berhasil menyumbangkan satu gol ketika menghadapi Liechtenstein.

 4. John Heitinga
  Pemain bola dunia keturunan indonesia
Rata-rata pemain Belanda keturunan Indonesia memang memiliki gaya permainan keras dan tanpa kompromi, Setelah Nigel de Jong, Mark van Bommel, dan Denny Landzaat; masih ada John Heitinga yang juga dikenal sebagai “batu karang” pertahanan tim.(hahahaa) Heitinga yang saat ini bermain bersama Everton boleh dibilang sebagai salah satu bek terbaik Belanda di dekade ini. Ia tak hanya bisa dimainkan sebagai bek tengah, namun juga lugas sebagai gelandang bertahan. Produktivitasnya di tim nasional Belanda pun cukup baik, dengan 7 gol dari 87 penampilan. Heitinga juga terpilih sebagai pesepakbola terbaik Belanda pada tahun 2008 dan pemain terbaik Everton tahun 2012. Benar-benar sosok bek yang tangguh!(
10 pemain bola Dunia keturunan Indonesia)

 3. Radja Nainggolan
  Pemain bola dunia keturunan indonesia
Gelandang muda yang baru saja melawat ke Indonesia dalam sebuah pertandingan persahabatan pada bulan Juni 2013 tersebut adalah satu-satunya pemain non-Belanda yang masuk ke dalam daftar ini. Nainggolan adalah warga negara Belgia yang memulai karirnya sebagai pesepakbola di Italia. Ia pertama kali masuk tim senior bersama Piacenza, dan namanya mulai dikenal sejak bergabung bersama Cagliari. Dalam dunia video game sepakbola terbaik, nama Nainggolan pun menjadi salah satu pemain paling potensial menjadi pemain kelas dunia.
Reputasi Nainggolan sebagai gelandang tengah mulai dinilai tinggi oleh berbagai klub besar. Terbukti, Juventus, Inter Milan, dan Napoli sudah menunjukkan ketertarikan untuk merekrut pemain ini. Kita lihat saja apakah Radja Nainggolan mampu menjadi pemain keturunan Indonesia yang bersinar di tingkat dunia.


 2. Giovanni van Bronckhorst
  Pemain bola dunia keturunan indonesia
Darah Maluku kental melekat pada mantan kapten tim nasional Belanda ini. Wajahnya yang juga sangat Indonesia membuat kita yakin bahwa pemain ini memiliki darah keturunan Bumi Pertiwi. Ya, Giovanni van Bronckhorst yang pensiun pada tahun 2010 ini adalah salah satu pemain Belanda paling dihormati. Ia memperkuat tim nasional sebanyak 106 kali dan menyumbangkan 6 gol.

Gio dikenal sebagai seorang bek kiri yang sangat rajin membantu penyerangan. Sepanjang karirnya bersama Feyenoord, Arsenal, dan Barcelona, ia menyumbangkan banyak gol-gol penting yang sangat indah. Saat ini, Gio menjadi asisten manajer Feyenoord, dan secara jelas ia mengungkapkan keinginannya untuk menjadi pelatih tim sepak bola profesional.(pemain bola Dunia keturunan Indonesia)

 1. Robin Van Persie
  Pemain bola dunia keturunan indonesia
Siapa yang tidak kenal dengan striker tangguh dan paling ditakuti di dunia, Robin van Persie. Ia adalah striker gemilang yang bisa membuat pemain sekelas Wayne Rooney merasa terancam posisinya. Gol-golnya bersama Arsenal dan Manchester United membuatnya menjadi salah satu striker terbaik saat ini. Prestasi van Persie pun segudang, mulai dari 2 kali gelar top skorer Liga Inggris hingga juara liga.

Van Persie memiliki keturunan Indonesia dari kakeknya. Ia juga dikenal sebagai salah satu pesepakbola yang (mungkin) beragama Islam karena menikahi seorang wanita muslim. Yang jelas, kita patut berbangga pada penampilan van Persie dan berharap semoga saja ada pemain asli Indonesia yang kelak bisa menyamai atau bahkan mengungguli prestasinya Keren . . .

Moga artikel 10 pemain bola Dunia keturunan Indonesia menambah pengetahuan kita!
Sumber :Terselubung.in
 

Materi Kewirausahaan Kelas XI

Posted by Unknown Posted on 04.58 with 6 comments
Materi Kewirausahaan Kelas XI

Belajar Sambil Berbagi Materi Kewirausahaan Kelas XI . . 
langsung aja deh simak uraian berikut :


  1. Pelayanan Prima
Pelayanan prima (Excellent service) adalah pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan. Pelayanan prima merupakan pelayanan yang berorientasi pada pemenuhan tuntutan pelanggan mengenai kualitas produk (barang atau jasa) sebaik-baiknya. Melalui pelayanan prima, perusahaan dapat menarik pelanggan baru dan perusahaan dapat mempertahankan pelanggan lama. Untuk menunjang pelaksanaan playanan prima, telah dikembangkan konsep total quality management (TQM), yaitu system manajemen yang melibatkan semua manajemen dan pegawai untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas proses organisasi agar kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan terpenuhi.
Pelayanan prima dikembangkan berdasarkan konsep A3, yaitu Attitude (sikap), attention (perhatian) dan action (tindakan).
  1. Konsep Attitude (Sikap)
Calon pembeli/pelanggan selalu mengharapkan sikap dan perilaku yang baik dan menyenangkan dari pelayan/petugas yang ada di toko/perusahaan sehingga kepuasan pembeli terpenuhi serta kemungkinan besar pengalamannya disampaikan kepada orang lain, yang akhirnya menjadi promosi gratis bagi perusahaan. Pelayanan berdasarkan attitude (sikap) terdiri dari beberapa bentuk, antara lain seperti berikut ini.
a) Pelayanan pelanggan dengan penampilan serasi
Hal-hal yang dapat mendukung penampilan serasi
  • Penampilan serasi dengan cara berhias
  • Penampilan serasi dengan cara berbusana
  • Penampilan serasi dengan ekspresi wajah
b)  Pelayanan dengan berpikir positif
Cara berpikir positif dalam melayani pembeli
  • Tidak mencari atau memanfaatkan kelemahan pembeli
  • Tidak bersikap apriori terhadap pembeli
  • Melayani pembeli secara terhormat
c) Pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai
  • Tutur bahasa baik, disertai senyum ramah
  • Sikap sopan santun
  • Melayani dengan memuaskan
  • Mendengarkan saran, pendapat dan kritikan pembeli
  • Mendengar dan mencatat setiap pesanan pembeli
  • Mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli
  • Bersikap konsisten dalam melayani pembeli
  1. Konsep attention
Bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep attention adalah sebagai berikut.
a)  Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan
  • Mendengarkan tutur kata pembeli mengenai kebutuhannya
  • Mencatat dengan cermat yang dibutuhkan pembeli
  • Berusaha memahami semua kebutuhan pembeli
  • Berusaha mewujudkan kebutuhan pembeli dengan cepat
b) Mengamati perilaku pelanggan
Ketika sedang mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan, penjual harus mengadakan pengamatan terhadap segala perilaku    pelanggan dalam hal berikut ini.
  • Body language
  • Body movement
  • Motive pembeli
c) Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan
  • Mendengarkan dan mencatat kebutuhan pembeli
  • Menjelaskan kembali setiap pesanan
  • Memberikan dan mengajukan saran dan perhatian penuh kepada pembeli
  • Memberikan dan mengajukan saran dan perhatian penuh kepada pembeli
  • Menghargai setiap pendapat dan saran yag diajukan pembeli
  • Memenuhi kebutuhan pelanggan akan barang dan jasa yang dipesannya.
c.  Konsep Action
a)  Pencatatan pesanan adalah sebagai berikut
  • Memberi kemudahan kepada pembeli/pelanggan
  • Mempercepat pelayanan
  • Menghindari kesalahan sekecil mungkin
  • Memudahkan dalam pencarian dan pengambilan barang
b)   Pencatatan kebutuhan pelanggan
Untuk memberikan pelayanan yag baik, sebaiknya pelayanan atau penjual mendengarkan memahami kebutuhan para pelanggan para pelanggan dan membuat daftar kebutuhan dengan mengelompokkan sesuai dengan kegunaan, merek, ukuran, dan jenis pesanan.
c)  Penegasan kembali kebutuhan pelanggan
  • Barang yang telah dicatat, ditegaskan kembali agar tidak terjadi kesalahan pelayanan.
  • Menanyakan penggunaan alat pembungkusan barang
  • Menanyakan cara pengiriman barang yang dikehendaki pembeli
  • Menegaskan cara pembayaran (cash, credit, dengan cek)
d) Mewujudkan kebutuhan pelanggan
e) Menyatakan terimakasih dengan harapan pelanggan kembali
Hal-hal yang dapat dilakukan dengan harapan pelanggan kembali untuk membeli barang jasa diataranya adalah sebagai berikut:
  • Pernyataan terimakasih kepada setiap pelangga
  • Pemberian bonus kepada pelanggan yang membeli dalam jumlah besar
  • Pemberian potongan harga
  • Pemberian hadiah pada waktu-waktu tertentu kepada pelanggan.
(sumber: Kewirausahaan Mediatmo: 2004 Materi Kewirausahaan Kelas XI)
Promosi
2.   Promosi
a. Pengertian Promosi
Promosi yaitu kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Promosi merupakan salah satu alat untuk mempengaruhi konsumen, baik langsung maupun tidak langsung.
b.   Tujuan Promosi
a)  Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen
b) Mendorong konsumen agar lebih banyak menggunakan produk dan membeli produk dalam jumlah besar, serta mengingatkan konsumen akan manfaat produk
c) Untuk menarik konsumen merek lain yang bersaing dengan produk yang sedang dipromosikan
d) Mempertahankan merek produk perusahaan
c. Sasaran promosi
Secara terperinci dapat disebutkan bahwa sasaran dari promosi adalah sebagai berikut
a) Seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli produk
b) Para pembeli/pelanggan produk dari perusahaan tersebut
c) Para pemakai produk pada waktu sekarang
d) Masyarakat yang mempunyai daya beli
e) Para distributor dan para agen yang menjual produknya
f) Pemerintah yang memerlukan produk dari pengusaha yang bersangkutan
g) Mereka yang mempunyai kekuasaan dan ia dapat memerintahkan untuk membelinya
Apabila promosi dapat dilakukan secara baik, efektif dan tepat sasaran, maka diharapkan dapat memberikan keuntungan, yang berupa berikut ini.
a) Meningkatnya omset penjulan produk
b) Mengingatkan para pembeli tentang barang yang akan dibeli
c) Membentuk produk motives dan patronage motives
d) Produk menjadi lebih terkenal
e) Meningkatnya produksi perusahaan
f) Meningkatnya laba perusahaan
d. Merencanakan Bentuk Promosi
Bentuk promosi yang paling efektif dilakukan saat ini adalah bauran promosi. Bauran promosi adalah promosi yang dilakukan dengan membaurkan empat alat penting dalam promosi yaitu advertensi, personal selling, sales promotion dan publicity.
a) Advertensi (periklanan)
Bedasarkan macam media yang digunakan, maka advertensi dibedakan menjadi berikut:
1) Advertensi Cetak yaitu berupa iklan surat kabar dan majalah
2) Advertensi Elektronik yaitu berupa iklan melalui radio dan televisi
3) Transit advertising yaitu berupa bulletin, poster, striker dan lain-lain
4) Kiriman langsung yaitu berupa barang cetakan yang dikirim langsung dengan pos kepada calon pembeli
5) Advertensi khusus yaitu segala macam barang, berupa hadiah atau pemerian secara Cuma-Cuma
6) Advertensi di luar ruma berupa  yaitu papan reklame
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan di dalam memilih jenis media yang digunakan  yaitu sebagai berikut:
1)   Biaya
2)   Produk
3)    Pesan
4)    Sifat media yang dituju
Untuk penyajian advertensi setiap perusahaan perlu memperhatikan persyaratan diantaranya adalah
1)   Harus dapat menimbulkan perhatian konsumen
2)   Harus dapat menarik konsumen
3)   Harus dapat menimbulkan keinginan mau membeli
Agar penyusunan advertensi lebih efektif dan efisien, sebaiknya perusahaan memperhatikan langkah-langkah dalam mernyusun advertensi diantaranya sebagai berikut:
a. Tetapkan maksud dan tujuan
b. Tentukan siapa yang akan menggunakan produk yang diiklankan
c. Tentukan tempat, jumlah dan kebiasaan konsumen yang akan di tuju
d. Persiapan kata-kata dan bahasa, gambar, layout, dan penyajian advertensi.
e. Pilih media yang akan digunakan
f. Siapkan tenaga ahli yang akan menyusun advertensi
g. Sediakan biaya yang diperlukan
h. Lakukan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan advertensi
b)  Personal Selling
Personal selling adalah penyajian barang secara lisan dan bertatap muka kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar barang yang ditawarkan terjual.
Personal selling sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam usahanya
1)  Menciptakan Kepercayaan
Kontak pribadi antara pembeli dan penjual dapat menimbulkan kepercayaan pembeli terhadap barang yang ditawarkan.
2)   Peragaan
Personal selling sangat diperlukan untuk memperagakan jenis barang yang belum dikenal konsumen
3)  Pembelian yang sifatnya sekali-sekali
Mengatasi penjualan terhadap produk yang hanya sekali-sekali saja dibeli oleh konsumen
4) Produk yang mempunyai nilai perunit sangat tinggi
Personal selling dapat memasarkan barang yang bernilai tinggi seperti: Mobil, Kamera.
5)  produk yang didesain sesuai dengan kebutuhan
personal selling dapat menjualkan jenis-jenis barang yang bentuk warna  maupun ukuran disesuaikan dengan permintaan konsumen, seperti tas, pakaian dan sebagainya.
Adapun yang menjadi ciri-ciri personal selling yaitu:
1)  Hubungan akrab
Penjual harus menggunakan keahliannya untuk memperoleh rasa simpati dari pembeli, misalnya memuji para pembeli, sehingga akan terbentuk hubungan yang akrab dengan pembeli.
2) Hubungan langsung
     hubungan langsung akan menyebabkan adanya kebutuhan saling mengamati sifat penjual dengan pembeli mengadakan penyesuaian          secara langsung.
3) Adanya tanggapan
personal selling membuat para pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan pembicaraan penjual memberi reaksai dan tanggapan, walaupun reaksi tersebut hanya merupakan suatau persyaratan ucapan terimakasih.
c) Sales Promotion
Ada beberapa alat-alat  yang biasa digunakan untuk sales promotion yaitu:
a. Sampel/contoh yaitu memberikan produk secara gratis kepada konsumen, dengan harapan mereka menyukai sehingga melakukan pembelian ulang.
b.  Kupon/voucher yaitu memberikan sertifikat hak potongan kepada pemegangnya sehingga dapat menghemat pembelian produk tertentu
c. Premi yaitu barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah atau bahkan gratis sebagai suatu insentif bila orang membeli          produk tersebut.
d. Paket harga yaitu produk yang memuat harga yang lebih rendah daripada harga biasa
e. Tawaran uang kembali (money refun offer), yaitu tawaran pengembalian uang jika terjadi kesesuaian produk dengan harga atau terjadi kerusakan produk yang dibeli berdasarkan perjanjian.
f. Promosi dagang (trade promotion) yaitu penawaran potongan harga pada setiap pembelian selama jangka waktu tertentu.
g. Pemajangan di tempat penjualan
h. Pameran dagang
i. Kontes yaitu mengundang konsumen untuk ikut perlombaan melakukan sesuatu
j. Undian, misalnya konsumen diajak mengumpulkan label yang memuat nama produk/perusahaan untuk kemudian diundi dan mendapatkan hadiah
d)  Publicity
Publicity adalah upaya pengaturan ruang editorial agar terpisah dari ruang lainnya di semua media yang dapat dibaca, dilihat atau didengar oleh konsumen atau calon konsumen suatau produksi perusahaan untuk mencapai tujuan penjualan. Alat-alat yang diperlukan untuk melaksanakan publicity adalah sebagai berikut:
1) Jumpa pres (press relation)
Pertemuan antara wartawan dengan produsen untuk memberikan informasi untuk dimuat dalam media massa agar menrik perhatian masyarakat terhadap produk dan jasa.
2)  Publisitas produk (product publicity)
Usaha mempublikasikan produk khusus
3)  Komunikasi perusahaan (corporate communication)
Komunikasi intern dan ekstern dalam upaya menciptakan rasa saling pengertian diantara perusahaan.
4)  Pendekatan (Lobbying)
Kerja sama dengan ahli hukum dan pejabat pemerintah un tuk mendukung atau menghapuskan peraturan/UU
5)  Bimbingan (conselling)
Pemberian bimbingan kepada manajemen tentang masalah kemasyarakatan, posisi perusahaan maupun citra perusahaan.
Adapun tujuan dari Publicity yaitu:
1)   membuat berita mengenai produk atau perusahaan
2)   membuat berita berbagai aspek yang berkaitan dengan produk/perusahaan
3)   mengembangkan publisitas khusus untuk berbagai segmen pasar
Hasilnya
1)   jumlah penonjolan yang ditampilkan oleh media
2)   perubahan kesadaran, pemahaman atau sikap yang dihasilkan oleh pelaksanaan publisitas.(Materi Kewirausahaan Kelas XI)
  1. Teknik menjual
Salah satu teori menjual yang dikemukakan adalah teori AIDAS, teori ini menerangkan dengan rinci mengenai tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh seorang penjual di dalam melakukan kegiatan penjualan.
a.    Tahapan-tahapan teori AIDAS adalah sebagai berikut.
1) Attention (Perhatian)
Pada tahap ini, penjual harus berusaha agar calon pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukan calon penjual.
2) Interest (Minat)
Pada tahap ini, penjual harus mengubah perhatian calon pembeli menjadi minat yang kuat.
3) Desire (keinginan)
Perlu diketahui, bahwa kebiasaan calon pembeli dalam mengambil keputusan membeli tidaklah sama.
4) Action
Pada tahap ini, penjual harus menyakinkan kepada pembeli bahwa keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan adalah keputusan yang tepat.
5) Satisfaction (kepuasan)
Pada tahap ini, penjual harus memastikan bahwa kualitas produk yang ditawarkan sesuai apa yang dijelaskan.
b.   Keterampilan Penjual
Seorang penjual yang terampil dan profesional dalam menjual adalah:
1) Memiliki kemampuan  menjual yang memuaskan pembeli
2)  Memiliki suatu kebanggan terhadap profesinya
3) Mau belajar untuk menambah pengathuan dalam menjual
4) Memiliki standar ekstra yang tinggi dalam menjual
5) Tidak menyalahi janji jika menjual
6) Memahami bahwa pekerjaan menjual berarti melayani
7) Menjaga keutuhan pribadinya dan kemerdekaannya dalam menjual
Ada beberapa sifat yang harus dimiliki oleh penjual yang baik, antara lain
1) Mampu berkomunikasi
2) Penuh inisiatif
3) Berpikir kreatif
4) Penuh perhatian
5) Tidak mudah putus asa
6) Menarik, mudah bergaul dan selalu gembira
7) Sopan santun, lurus hati dan disiplin
8) Ketajaman daya ingat
9) Bijaksana
c. Ilmu menjual adalah suatu ilmu yang dapat digunakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu suatu seni untuk mempengaruhi orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Manfaat ilmu menjual:
1) Memperlancar tugas penjual dalam melakukan kegiatan dagang.
2) Penjual dapat mengatasi segala macam tantangan atau hambatan yang kadang timbul ditengah kegiatan jual beli.
3) Membantu penjual dalam mengatasi persaingan yang makin ketat, baik dalam negeri maupun luar negeri.
4) Meningkat omset penjualan
d. Objek Ilmu Menjual
1) Penjual
sebelum melakukan penjualan barang/jasa, seorang penjual harus mengenali dan mengetahui   keadaan fisik.
2) Barang atau jasa yang dijual
Penjual harus mengetahu seluk-beluk barang atau jasa yang akan dijual
  1. Kepuasan Pelanggan
Kepuasan pelanggan adalah penilaian pelanggan terhadap produk atau pelayanan yang memberikan tingkat kenikmatan seperti yang diharapkan.
Harapan itu adalah berupa kemampuan perusahaan menyediakan produk, pelayanan, harga dan aspek lain sesuai dengan yang diinginkan pelanggan atau melebihi keinginan pelanggan.
a. Prinsip Kepuasan pelanggan
1)  Kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang penting
2) Pahamilah harapan pelanggan
3) Pilihlah pelanggan dengan tepat melalui strategi segmentasi kemudian bangun kepuasan pelanggan
4) Pelajarilah faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
5) Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang mau komplain
6) Beri jaminan kepada pelanggan
7) Dengarkan suara pelanggan
8) Arti penting karyawan dalam memuaskan pelanggan
9) Kepemimpinan adalah teladan dalam kepuasan pelanggan
b.    Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
1.  Kualitas Produk
2.  Harga
3.  Faktor Emosional : (Rasa bangga, rasa percaya diri, simbol seks)
4.   Kualitas Pelayanan
5.   Faktor Kemudahan
  1. Negoisasi
Negoisasi diartikan sebagai perundingan antara dua pihak yang berkepentingan untuk mencapai kesepakatan.
a. Negoisasi atau perundingan terjadi karena beberapa sebab antara lain:
a) ada pihak yang berkepentingan
b) ada suatu masalah yang harus dirundingkan
c)  ada keinginan untuk mencapai kesepakatan dalam membagi hak atau kewajiban di antara pihak yang berkepentingan
d)  ada upaya untuk menghindarkan persengketaan di masa yang akan  datang atau menyelesaikan persengketaan yang telah terjadi
e) upaya menjaga kehormatan dan kedaulatan masing-masing pihak
b.  Strategi bernegiosasi
Strategi Bernegoisasi adalah rencana mengenai berbagai persiapan dalam mengantisipasi berbagai masalah dan segala kemungkinan yang terjadi dalam suatu pandangan.
c.  Ada strategi negoisasi yang dapat dipelajari, antara lain sebagai berikut.
1)  Strategi menang-menang (win-win strategy)
Negoisasi yang berorientasi pada kemenangan kedua belah pihak
2) Stretegi menang-kalah (win-lose strategy)
Strategi Perudingan untuk memperoleh kemenangan mutlak dengan mengalahkan orang lain.
3) Strategi kalah-kalah
Strategi yang dipilih sesorang karena di dasari oleh persaan untuk melampiaskan kemarahan dan cenderung tidak menggunakan akal sehat.
d. Adapun persyaratan atau kriteria yang harus dimiliki oleh seseorang yang ditunjuk untuk melakukan negoisasi antara lain:
a) Mempunyai wawasan yang luas dalam bidang yang akan dirundingkan
b) Mempunyai kemampuan berkomunikasi
c) Mempunyai kemampuan mengungkapan dan mengekspresikan substansi permasalahan
d) Mempunyai kepercayaan diri yang kuat, tetapi tidak berlebihan
e) Sikap dan penampilan yang baik
f) Mempunyai kepandaian dalam mengambil keputusan
g) Selalu berpikir secara positif
h) Pandai mengendalikan emosi
i) Negoisasi dalam jual beli
e. Di dalam kegiatan jual beli pada umumnya materi yang diperbicangkan antara pihak pembeli meliputi:
1) Harga barang yangdiperjual belikan
2) Banyaknya barang yang diperjualbelikan
3) Waktu dan lamanya pengiriman
4) Cara pengiriman dan alat transportasi yang digunakan
5) Cara dan waktu pembayaran
6) Cara pengajuan klaim apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya keterlambatan penyampaian barang, keterlambatan pembayaran, kerusakan barang, serta ketidak cocokan barang yang diterima
7) Asuransi dan ongkos pengiriman
8) Pembuatan surat kesepakatan dan perjanjian
9) Penentuan jangka waktu berlakunya perjanjian

Sekian, Moga bermanfaat artikel Materi Kewirausahaan Kelas XI . .
pasang iklan
Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. Blogganeh - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes