Jenis Cupang alam asli indonesia

Posted by Unknown Posted on 18.12 with No comments
Jenis Cupang alam asli indonesia
 
Indonesia dikaruniai kekayaan alam yang luar biasa. Terdapat sangat buaaaaanyak sekali ragam jenis ikan di indonesia, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Salah satunya yaitu ikan Cupang. Kalian pasti kenal dengan ikan ini.
Ikan ini berukuran kecil dan memiliki warna indah. Tapi, tahukah kalian, kalau ikan yang biasa dikonteskan keindahan maupun diadu ini merupakan ikan hasil perkawinan silang dari berbagai jenis ikan cupang liar. Kok bisa? iya, untuk memperoleh bentuk ikan cupang yang indah dan mahal, para peternak mengawinkan silang berbagai jenis cupang alam.

Nah, kalian sekarang kami ajak untuk mengenal beberapa cupang alam asli Indonesia.


Betta Chanoides 

cha1Merah marun di sekujur tubuhnya dengan garis hitam dan putih di sirip ekor dan sirip bawah menjadi daya tarik chanoides ini. Ikan yang biasa hidup di perairan berwarna cokelat (black water) ini juga sangat toleran terhadap kondisi air.

Persebaran ikan yang bisa mencapai 5 cm ini memang sangat terbatas. Ia hanya ditemukan di Samarinda (Pampang dan Rapak Dalam) serta di Kota Bangun (black Chano).  

 

 

Betta Albimarginata

g1 

 Betta albimarginata hidup di perairan black water. Habitatnya tersebar mulai dari Sanur, Nunukan daratan sampai dengan Sesayap, di Malinau. Tetapi sekarang keberadaannya sudah mulai tergusur oleh roda "pembangunan", baik yang berada di Nunukan maupun di Malinau.

 

Betta Pallifina

pal1 Inilah satu-satunya ikan gunung Kalimantan Timur yang juga ada di Kalimantan Tengah. Betta pallifina cukup banyak jenisnya, karena itu persebarannya pun cukup luas. Mulai dari Sungai Barito di Kalimantan Tengah, Melak, sampai pada Pulau Tarakan di Kalimantan Timur.




Nah, itulah tiga jenis cupang alam yang berasal dari Kalimantan. Selain itu masih banyak puluhan jenis ikan cupang alam lainnya di negeri kita tercinta ini. So, jaga kelestariannya ya....

sumber : www.xtrembetta.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setidaknya Luangkan waktu anda sedikit, Untuk Berkomentar di Blog Newbie ini !!! hehee
TERIMA KASIH

pasang iklan
Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. Blogganeh - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes